Credit By : Lely Novisya

Dusun Penapat ialah salah satu dusun yang terletak di daerah Riau Kecamatan Rangsang Kab. Kepulauan Meranti. Dusun ini dulunya termasuk dalam Desa Penyagun tetapi setelah pemekaran pada tahun 1999 dusun ini termasuk ke-dalam Desa Gemalasari .

Desa Gemalasari yang diresmikan pada tahun 1999 memiliki pusat pemerintahan yang terletak pada Dusun Penapat. Menurut warga kampung, nama Desa Gemalasari diambil dari nama sesepuh warga desa tersebut.

Desa Gemalasari memiliki 4 Dusun yaitu:

  1. Dusun Penapat
  2. Dusun harapan
  3. Dusun Paritbudi
  4. Dusun Purwoasri.

Didesa Gemalasari terdapat dua tasik yaitu :

  • tasik air merah yang terletak pada Dusun Harapan dan
  • tasik air putih.

Asal-usul Nama Penapat

Di tetapkannya Penapat sebagai nama Dusun bukan tanpa alasan. Konon  nama Penapat memiliki arti  “hasil yang menghidupi penduduknya”. Nama itu diciptakan para pendatang karena apa saja yang di usahakan selalu memberikan pendapatan, dalam istilah lain “selalu mendapat”. Kalau memancing ke sungai, akan memperoleh hasil tangkapan yang memuaskan. Bila bercocok tanam dan berkebun memberikan hasil yang mengembirakan dan menyejahterakan kehidupan penduduk disana. karena sifat kampung yang selalu mendapat itulah, maka warganya memberikan nama Penapat (Penapat = yang mendapat).

Masuknya Pendatang

Desa Penapat sangat terpencil, lagi terisolir. Tetapi desa ini sangat disukai oleh para pendatang sebagai tempat bermukim, karena menurut cerita Penapat sangat menjanjikan dan memberi harapan bagi pendatang. Dengan banyaknya pendatang ke Desa ini, tidak tertutup kemungkinan Desa ini akan menjadi Desa yang berkembang nantinya.

Banyak orang yang mengantungkan hidupnya di Desa ini untuk mencari kehidupan, mulai dari menjadi nelayan sampai bertani di kebun-kebun. lama kelamaan, Penapat berkembang menjadi kampung yang berangsur-angsur ramai. Dengan kata lain asalkan pendatang bersungguh-sungguh dalam mencapai kesuksesan dan mereka mau berusaha keras, maka mereka dapat mencapai apa yang mereka harapkan di Desa ini karena mulai dari sektor darat ataupun laut sangat menjanjikan.

#Saya lupa sumbernya yang jelas informasi ini saya dapatkan dari buku dan sedikit saya edit demi kelengkapan informasi.

BERSAMBUNG BELUM SELESAI

BAGI YANG TAU INFORMASI LAIN DIHARAP KOMEN YA🙂 APABILA ADA KESALAHAN INFORMASI PADA ARTIKEL SAYA, SAYA HARAP ANDA BERSEDIA MEMBERITAHUKAN KEPADA SAYA.

THANKIU😀